Cara Memilih Laptop Yang Cocok Untuk Mahasiswa

trendgadget.net- Laptop merupakan salah satu perlengkapan elektronik yang fungsinya sangat penting untuk menunjang aktivitas belajar, khususnya bagi mahasiswa. Bukan hanya untuk menyusun laporan, laptop juga digunakan untuk mengolah data, presentasi, hingga membuat karya seni. Harga laptop untuk mahasiswa pun beragam tergantung kebutuhan penggunanya.

Kali ini saya akan memberitahu cara memilih laptop yang bagus dan cocok untuk para mahasiswa.

Bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, pastinya kalian akan bertanya-tanya, apakah saat menjadi mahasiswa harus mempunyai laptop? Membeli laptop tentunya akan memudahkan Anda dalam mengerjakan tugas di mana pun. Untuk itu, ketahui spesifikasi laptop yang tepat dengan membaca poin cara memilih ini sampai tuntas.

Sesuaikan prosesor dengan kebutuhan Anda

Prosesor menjadi salah satu komponen yang mempengaruhi performa laptop. Prosesor juga berperan sebagai otak dari laptop untuk melakukan seluruh perintah yang Anda inginkan. Makin tinggi prosesornya, makin mahal juga harganya. Untuk itu, simak baik baik penjelasan berikut ini, ya!

Untuk jurusan Desain dan Multimedia, minimal Intel Core i7 atau AMD Ryzen

Jika Anda mengambil jurusan multimedia, desain grafis, atau perfiliman, mau tak mau laptop Anda akan terinstal beragam aplikasi yang berat. Sebagai contoh, aplikasi Lumion untuk jurusan teknik arsitek, AutoCAD untuk jurusan Teknik sipil, atau aplikasi lainnya.

Selain menghabiskan banyak ruang penyimpanan, proses render gambar biasanya akan membuat prosesor bekerja lebih berat. Nah, untuk dapat menjalankan aplikasi tersebut tanpa lag, pilihlah laptop dengan prosesor Intel core i7 atau minimal AMD Ryzen.

Untuk jurusan Statistik dan bahasa pemrograman, minimal Intel Core i5

Jika Anda mahasiswa jurusan teknik informatika, pastikan untuk memilih laptop dengan spesifikasi prosesor minimal Intel Core i5. Hal ini karena Anda akan banyak menggunakan aplikasi bahasa pemrograman, seperti Visual Code Studio, Adobe Dreamweaver, atau lainnya. slot via pulsa 15rb

Belum lagi jika Anda mengambil konsentrasi di bidang user interface (UI),aplikasi berbasis desain grafis tentunya wajib terinstal. Bukan hanya cocok untuk mahasiswa teknik informatika, laptop ini juga dapat digunakan untuk mengolah data dalam ilmu statistik dan matematika.

Untuk penggunaan ringan, minimal Intel Core i3 atau Intel celeron

Beberapa aplikasi standar laptop yang paling sering digunakan oleh mahasiswa untuk mengerjakan tugas perkuliahan adalah Microsoft Office. Untuk menjalankan Microsoft Office, prosesor Intel Celeron pun sudah mencukupi.

Selain mengerjakan tugas perkuliahan, Intel Celeron dapat diandalkan untuk penggunaan ringan, seperti browsing di internet dan menonton film. Namun, jika Anda ingin menginstal aplikasi lain untuk menunjang hobi, sebaiknya pilihlah laptop dengan prosesor Intel Core i3.

Nah, apakah laptop dengan harga 2 jutaan cocok untuk mahasiswa? Jawabannya tentu tergantung pada tingkat kebutuhannya. Perlu diingat, harga laptop terbaru saat ini dijual mulai 4 jutaan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mempersiapkan dana tambahan untuk membeli laptop incaran.

Cek Spesifikasi yang ditawarkan

Setelah Anda mengecek tipe prosesor yang anda butuhkan, kini saatnya Anda mengecek spesifikasi yang ditawarkan. Apa saja fitur-fitur yang harus Anda pertimbangkan saat membeli laptop untuk kegiatan perkuliahan ?

Pertimbankan Ram minimal 8 GB untuk membuka banyak aplikasi

Ram atau random access memory merupakan komponen yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara saat laptop membuka aplikasi. Ram yang besar juga memungkinkan Anda membuka banyak aplikasi secara bersamaan.

Saat Anda mengikuti agenda perkuliahan, aktivitas seperti membuka program Microsoft Office dan browsing di internet tentu akan sering dilakukan. Di sisi lain, Anda tentu menginginkan loading data yang cepat. Untuk itu, pilihlah laptop dengan ukuran Ram minimal 8 GB agar beban kerja laptop makin ringan. slot via pulsa 15rb

Pertimbangkan SSD agar transfer data makin optimal

Pada umumnya, terdapat dua jenis media penimpanan pada laptop, yaitu HDD ( hard disk drive) dan SSD (solid state drive). Masing-masing jenis penyimpanan memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Dari sisi biaya , media penyimpanan HDD memiliki harga yang lebih murah. Selain itu, ruang penyimpanan HDD jauh lebih besar jika dibandingkan dengan SSD.

Sementara dari sisi kecepatan, SSD memiliki performa dan daya tahan yang lebih baik. Anda tidak perlu khawatir membawa laptop Anda dalam perjalanan jauh karena SSD memiliki struktur yang tahan terhadap guncangan. Proses loading aplikasi, trasnfer data, dan booting sistem juga lebih cepat dibanding HDD.

Anda harus mempertimbangkan resolusi FHD untuk gambar yang lebih tajam

Selain digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas perkuliahan, laptop juga sering digunakan untuk kegiatan hiburan. sebagai contoh, menonton film atau bermain game pada saat Anda memiliki waktu luang. Supaya kualitas gambar terlihat memuaskan, pertimbangkanlah untuk memilih laptop dengan resolusi layar FHD atau 1920 x 1080 piksel.

Kesimpulan

Harga laptop untuk mahasiswa sangatlah beragam tergantung kepada spesifikasi produknya. Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai kebutuhan? Semoga ulasan saya dapat membantu Anda untuk menentukan pilihan.

Setiap mahasiswa tentunya membutuhkan laptop untuk aktivitas belajar dan mengerjakan tugas perkuliahan. Untuk itu, pilihlah laptop yang spesifikasinya mendukung kebutuhan Anda. Terlebih lagi, menggunakan laptop untuk keperluan kuliah sekaligus hiburan pun tidaklah salah. Selamat berbelanja!  slot via pulsa 15rb

One thought on “Cara Memilih Laptop Yang Cocok Untuk Mahasiswa”

Leave a Reply

Your email address will not be published.